Taufiq Kesederhanaan akan mengajarkan kita sikap rendah hati,seseorang petualang 60 Km, A Teacher, seseorang yang masih ingin belajar banyak hal, belajar sabar. Internet memberikan wawasan yang luas bagi saya.

10 Dampak Ekonomi Akibat Corona Virus

4 min read

dampak virus corona

Pandemi Covid 19 membawa dampak yang besar di seluruh dunia. Virus kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ini banyak menyerang negara- negara di dunia.

Pandemi corona atau yang bisa disebut sebagai virus corona membawa dampak bagi kesehatan manusia yang semakin hari semakin mengancam nyawa seseorang.

Disamping mewabahnya virus corona dampak lain juga sudah mulai dirasakan di seluruh dunia, yaitu dampak Ekonomi yang Kian hari Kian memburuk, banyak negara negara yang terserang virus corona pertumbuhan ekonomi nya Kian melambat.

Karena pertumbuhan ekonomi suatu negara di seimbangi dengan kegiatan masyarakatnya yang selalu bekerja di negara itu. Akibat pandemi corona ini banyak perusahaan yang tutup dan banyak sektor pasar yang meliburkan diri, akibat himbauan dari pemerintah pusat maupun daerah dalam memutus rantai covid 19.

Ekonomi di tengah Pandemi Corona

Berikut ini akan kami paparkan dampak Ekonomi yang paling nyata seketika pandemi corona ini menyerang negara negara di dunia :

1.Penjual Produk Kecantikan Melambat

Penjualan yang berkurang karena sepinya pengunjung di offline store jelas membawa kekhawatiran bagi para pemilik bisnis kecantikan lokal. Hal ini dikarenakan orang pada berdiam diri dirumah dan memilih untuk tidak keluar rumah selama masa WFH ditetapkan oleh pemerintah.

Disamping itu produk kecantikan ini merupakan produk yang kadang dipakai pada saat bekerja di luar ruangan. Orang akan memerlukan bedak ketika keluar rumah dan bekerja di luar rumah.

Situasi dan kondisi seperti ini kadang membuat orang yang menggunakan produk kecantikan semakin hari semakin menurun, karena ketika bekerja di dalam rumah keperluan polesan make up dan lain sebagainya akan berkurang drastis.

Oleh karena itu omset penjualan barang kosmetik pun terkena Imbasnya, bahkan banyak yang sepi pengunjung.

2.Melemahnya rupiah

Tak bisa kita pungkiri semakin hari nilai tukar rupiah semakin melemah. Hal ini dikarenakan dampak dari penyebaran virus corona sendiri yang menyerang negara negara asia kuasa seperti amerika, jepang dan negara maju lainnya.

Rupiah semakin melemah Disamping banyak negara lain yang menerapkan sistem lock down dan Saham Saham di dunia menjadi anjlok. Oleh karena itu dapat dipastikan untuk memulihkan nilai tukar rupiah maka memerlukan waktu yang tidak sedikit.

3.Ekonomi Pasar tradisional turun

dampak virus coronaMenurun ya ekonomi pasar tak luput dari merebaknya wabah virus corona yang ada di mana mana. Wabah virus corona membuat masyarakat khawatir untuk berbelanja ke pasar. Hal ini dikarenakan di pasar banyak sekali orang yang melakukan Interaksi antar sesama manusia.

Banyak pedagang yang menutup tokonya karena melihat pengunjung pasar yang Kian sepi. Maka dari itu ekonomi dipasarkan pun merendah, pendapatan para pedagang toko menurun drastis. Dan pengunjung sepi.

Akhirnya banyak yang memilih menjual dagangan hanya secara online, sebagai bentuk perlawanan terhadap pandemi virus yang sedang dihadapi saat ini.

4.Cafe Terancam Gulung Tikar

Tak ada yang bisa di pungkiri dengan keadaan sekarang pendapatan cafe pun berkurang drastis. Semenja dj berlakukamnha sosial dictainteng, maka pengunjung di cafe pun berkurang. Nongkrong di cafe di larang oleh pemerintah.

Ketika anda anjutan untuk membeli minuman di cafe, namun harus di bawa pulang dengan dibungkus membuat pengunjung tidak bisa langsung menikmati makanan yang dibeli di cafe tersebut. Orang akan lebih suka ketika menikmati coffe sambil ngobrol bersama teman dan orang terdekat.

Oleh karena itu sepinya pengunjung menjadi ancaman bagi para pemilik cafe di tanah air, selain pembayaran sewa tempat dan sewa lainnya membuat pemilik cafe bingung memikirkan dimana ngambil uangnya sehingga mereka terancam Gulung tukar, apabila keadaan belum juga pulih.

5.Banyak pegawai yang di PHK

Karena banyaknya penurunan pendapatan maka banyak perusahaan perusahaan besar yang merumahkan para pegawai nya. Selain merumahkan para pegawai di perusahaan tersebut juga mem PHK mereka.

Kerugian akibat pandemi corona ini semakin berbuntut panjang. Banyak yang terkena PHK secara massal. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak bisa memberikan gaji kepada mereka. Penghasilan mereka semakin Hari semakin menurun.

Puluhan ribu orang yang terkena phk pun terpaksa pulang kampung halaman mereka. Lama-lama di kota maka pekerjaan semakin tidak ada, di tambah lagi uang semakin menipis, lebih baik ke kampung halaman menghibur diri.

6.Pengiriman barang Terhambat

Akibat dari pandemi virus Corona  maka barang dagangan online pun juga mengalami keterlambatan pengiriman. Karena akses keluar masuk pelabuhan dibatasi oleh pemerintah setempat guna memutus mata rantai virus corona ini.

Ketika pembatasan ini terjadi maka banyak barang pesanan online yang terkatung-katung di beberapa pelabuhan. Oleh karena itu maka barang pokok yang berasal dari daerah jawa pun mahal-mahal harganya ketika sampai di daerah kalimantan. Pengiriman gula misalnya yang terhambat oleh virus corona harganya melonjak tajam di Kalimantan selatan.

Sehingga memungkinkan keadaan ekonomi yang semakin memburuk ini operasi pasar harus tetap diawasi. Tujuan nya agar bisa selalu diawasi. Distributor barang tepat sasaran.

7.Pedagang kecil tambah Kecil

dampak virus coronaBeberapa video di media sosial banyak yang viral mengenai keadaan pedagang kecil di jalanan. Hal ini karena pandemi virus mengharuskan seseorang tetap berada di rumah. Oleh karena itu pedagang kecil seperti bakso, pedagang nasi goreng, pedagang yang berjalan puluhan kilometer membawa dagangan nya. Pun tidak ada yang membeli nya.

Akibatnya ada makanan nya tidak habis. Membawa dagangan malah rugi dan kadang tidak punya pembeli sampai dagangan itu di jual hingga sore hari. Memang dampak pandemi corona ini luar biasa, menjadi kan para pedagang kecil kehilangan para pelanggan nya.

Oleh Karena itu apabila kalian melihat para pedagang kecil di jalan dan kemungkinan dekat dengan rumah kalian. Maka belilah dagangan mereka, karena mereka perlu uang untuk menyambung hidup besok hari.

8.Negara mengalami Kerugian

Bagaimana tidak dalam menghadapi wabah pandemi corona maka masyarakat dan negara harus bersatu padu. Disamping itu, negara mengeluarkan Dana ratusan triliun demi perang melawan pandemi ini.

Kerugian negara akibat pandemi corona sangat besar jumlahnya, belum lagi pembatasan penumpang alat transportasi umum, pesawat, kereta api dan pelabuhan pelabuhan. Membuat, pendapatan suatu negara menurun drastis.

Untuk memulihkan keadaan ini maka diperlukan waktu yang lama. Oleh a karena itu anda yang sudah mau tinggal di rumah aja. Merupakan sebuah Pahlawan yang tidak terlihat.

9. Objek wisata kehilangan pendapatan

Pendapatan wisata pun turun drastis pada saat pandemi corona ini terjadi. Hal ini dikarenakan larangan untuk berwisata kemana saja selama pandemi virus corona masih mewabah di negeri ini. Sektor wisata kehilangan gairahnya.

Keuntungan dan pendapatan dari orang orang yang berwisata pun tidak ada lagi pemasukan ya. Sehingga sepi pengunjung pun dirasakan oleh pengelola wisata yang ada di seluruh indonesia.

10.Perbisnisan Hotel banyak Yang Rugi

Hotel-Hotel yang ada di indonesia pun banyak sekali yang tutup. Banyak orang yang khawatir penyebaran virus corona melalui hotel tersebut. Sehingga, tutuplah beberapa hotel yang beroperasi di indonesia.

Bahkan banyaknya hotel yang tutup membuat pegawai pun ikut di rumah kan. Sehingga mereka tidak bekerja lagi di hotel tersebut. Sampai ada beberapa hotel yang Mem PHK pegawai ya.

11. Harga Obat – Obatan Kian Mahal

Harga obat – obatan kian mahal, hal ini benar adanya. Ditengah pandemi virus corona kesehatan seakan sangat berharga sekali. Hingga orang-orang pada berlomba untuk membentengi dirinya dengan minum vitamin, memakai masker dan lain-lain.

Melonjaknya pasien yang terjangkit virus corona membuat para negara saling bahu-membahu dalam memutus penyebaran rantai virus ini, disamping itu semakin virus ini menyebar maka dampak didunia farmasi pun sangat luar biasa, pasokan obat menipis dan orang – orang perlu asupan obat-obatan untuk mengobati penyakit yang di deritanya. Oleh sebab itu perlu adanya tindak lanjut yang dilakukan pemerintah agar harga obat di pasaran tetap stabil.

12. Limbah Alat Kesehatan di mana – mana

Limbah APD dan Obat-obatan lainnya berhamburan di mana – mana. Bahkan ada yang sampai membuang ratusan ton setiap harinya, karena saking banyaknya limbah dari alat – alat kesehatan. Seperti APD, masker dan sarung tangan. Limbah ini kan cuma sekali pakai saja, setelahnya lalu di buang.

Oleh karena itu sampah alat kesehatan kian hari – kian meningkat di dunia. Alhasil, banyak sekali kerugian negara akibat pandemi virus corona ini, Bahkan pandemi ini pun belum juga pulih hingga sekarang ini, yang artinya tiap hari sampah alat kesehatan tenaga medis bertambah terus.

Pandemi ini memberikan dampak Ekonomi yang begitu besar, sampai beberapa negara rela mengeluarkan ribuan triliun demi menghadapi pandemi virus yang sedang dihadapi. Oleh karena itu semoga saja pandemi ini segera berlalu dan kita bisa menikmati indahnya ramadhan dengan leluasa.

Taufiq Kesederhanaan akan mengajarkan kita sikap rendah hati,seseorang petualang 60 Km, A Teacher, seseorang yang masih ingin belajar banyak hal, belajar sabar. Internet memberikan wawasan yang luas bagi saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *